Info Lainnya

Menampilkan Widget Blog Hanya Pada Halaman Depan

23 Februari 2009

Berikut ini saya akan mencoba memberi tutorial tentang bagaimana menampilkan widget yang ada pada kolom sidebar hanya pada halaman depan (Home Page) tetapi tidak pada halaman lainnya. Seperti halnya pada template yang saya miliki ini, jika kalian sedang membaca artikel ini maka kalian tidak akan melihat profil saya yang berada pada kolom sidebar kiri. Hal itu dikarenakan saya hanya menampilkan profil saya pada halaman depan saja (Home Page). Dengan tutorial ini, kalian juga bisa menampilkan widget-widget lainnya hanya pada halaman depan blog yang kalian miliki tetapi tidak pada halaman lainnya. Sebagai contoh katakanlah di sini kalian hanya ingin menampilkan profil widget kalian hanya pada halaman depan (Home Page) tetapi tidak pada halaman lainnya. Langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah mencari kode widget itu berada. Kira-kira bentuk tampilan awal kode widget tersebut seperti di bawah ini.

<b:widget id='Profile1' locked='false' title='Mengenai Saya' type='Profile'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
...
...
</div>
</b:includable>
</b:widget>

Nah untuk menampilkan widget tersebut hanya pada halaman depan (Home Page), maka kalian perlu memodifikasi kode widget sehingga bentuk tampilan kode widget tersebut akan tampak seperti di bawah ini.

<b:widget id='Profile1' locked='false' title='Mengenai Saya' type='Profile'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
...
...
</div>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Coba kalian perhatikan perubahan yang terjadi! Pada kode widget yang telah dimodofikasi, kalian cukup menambahkan kode yang berwarna merah pada posisinya masing-masing yaitu berdekatan dengan kode yang sudah saya beri warna biru. Di sini kalian harus hati-hati meletakkan kode yang berwarna merah tersebut. Salah posisi sedikit maka kode template kalian tidak dapat diterima. Jika sudah kalian tambahkan kode yang berwarna merah tersebut pada kode widget yang kalian miliki pada posisi yang benar, langkah selanjutnya simpan template dan lihat blog kalian. Kalau berhasil, untuk widget-widget lainnya silahkan kalian usahakan dan coba sendiri. Selesai...!!!

0 komentar:

»» LIHAT / TUTUP KOMENTAR

         

:))

;))

;;)

:D

;)

:p

:)

:((

:(

\m/

:-bd

b-(

:-L

@};-

(*)

[-X

~O)

B-)

:!!

:O)

:-??

:-c

:X

=((

:-o

:-/

:-*

:|

8-}

:)]

:ar!

=))

X_X

:-h

:-"

:-t

#:-S

:-?

:-$

#-o

:-B

:bz

o-+

:o3
"Ekspresikan komentar kamu dengan tampilan emoticons di atas"
"Silahkan copy-paste kode shortcut yang ada di bawah gambar untuk menampilkan emoticons pada komentar kamu"
Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi blog ini

Posting Komentar