Info Lainnya

Kode Eksternal (External Code)

07 Januari 2009

Bagi kalian yang sering mengotak-atik kode pada template blog yang kalian miliki, tentunya kalian harus tahu istilah yang satu ini dan bagaimana cara pasang kode eksternal tersebut pada blog yang kalian miliki. Kalau diartikan secara sederhana kira-kira kode eksternal itu merupakan kode yang tempatnya berada di luar atau tidak berada pada tempat dimana kode tersebut dibutuhkan. Gimana...tambah bingung bukan? Saya sendiri juga bingung memilih kata yang tepat untuk menjelaskannya. tapi sedikit-sedikit kalian akan paham nantinya. Agar kalian dapat lebih paham mengenai eksternal kode ada baiknya kalian ikuti penjelasan-penjelasan di bawah ini.

            Timbul pertanyaan dari kita "Dimanakah kode tersebut berada?". kode tersebut berada pada tempat dimana kalian meng-upload file kode tersebut. file kode yang kalian upload bisa javascript dan css. Terus timbul lagi pertanyaan "dimana kira-kira saya bisa bisa meng-upload file kode tersebut?". Ada banyak "web hosting" yang menyediakan jasa upload file kode seperti yang tersebut di atas. Salah satunya adalah geocities.yahoo.com, tapi sebelumnya kalian harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu jika kalian ingin mengunakan layanan jasa dari web hosting tersebut. Bagi kalian yang telah mempunyai account dari Yahoo! maka secara otomatis kalian dapat menggunakan layanan jasa dari web hosting tersebut dan silahkan kalian upload file kode yang kalian butuhkan baik itu berupa file javascript dan file css. Mengenai cara upload file dari geocities kalian bisa lihat di sini

            Jika kalian ingin memasang kode pada blog yang kalian miliki dimana teks kode tersebut berada pada web hosting yang telah disebutkan di atas, maka kalian tidak harus memindahkan (copy-paste) keseluruhan text kode tersebut pada blog yang kalian miliki. Yang perlu kalian lakukan adalah cukup memanggil kode tersebut dari tempatnya (host) dimana kode tersebut berada.

            Untuk file kode javascript cara memanggilnya adalah seperti yang tertulis di bawah ini :

<script type='text-javascript' src='silahkan kalian tuliskan URL (alamat) file kode di sini'></script>

Sebagai contoh bagi kalian, kode eksternal javascript yang saya miliki adalah seperti yang tertulis di bawah ini :

<script type='text-javascript' src='http://www.geocities.com/arie_2yu/smile.js'></script>

            Sampai di sini tentunya kalian sudah mulai memahami apa yang dimaksud dengan eksternal kode tersebut untuk selanjutnya silahkan kalian terapkan sendiri pada blog yang kalian miliki. "Selamat mencoba"

1 komentar:

»» LIHAT / TUTUP KOMENTAR

amuys

tidak bisa berkata kata hanya saya salut pada anda boz dengan blog serta isinya!indah

         

:))

;))

;;)

:D

;)

:p

:)

:((

:(

\m/

:-bd

b-(

:-L

@};-

(*)

[-X

~O)

B-)

:!!

:O)

:-??

:-c

:X

=((

:-o

:-/

:-*

:|

8-}

:)]

:ar!

=))

X_X

:-h

:-"

:-t

#:-S

:-?

:-$

#-o

:-B

:bz

o-+

:o3
"Ekspresikan komentar kamu dengan tampilan emoticons di atas"
"Silahkan copy-paste kode shortcut yang ada di bawah gambar untuk menampilkan emoticons pada komentar kamu"
Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi blog ini

Posting Komentar